Sperm used to write a secret message

Selain digunakan dalam proses pembuahan sel-sel telur perempuan, ternyata sperma juga bisa digunakan sebagai tinta buram untuk menulis pesan rahasia, karena tidak terdeteksi oleh uap yodium.

Agen mata-mata Inggris MI6 menggunakan sperma untuk menulis pesan rahasia selama Perang Dunia I. M16 berusaha mencari cara untuk menulis pesan rahasia tanpa terdeteksi uap yodium yang merupakan metode yang paling canggih untuk mendeteksi pesan rahasia.


Hal itu terungkap dalam buku harian seorang wakil kepala intelijen militer di Perancis, Walter Kirke. Dalam sebuah catatan di bulan Juni 1915, ia mengungkapkan adanya permintaan tinta transparan yang tidak mudah terdeteksi dari kepala MI6 kepada ilmuwan top di London University.

Pada bulan Oktober 1915 para ilmuwan menemukan bahwa pesan rahasia dapat ditulis dengan menggunakan sperma. Hasil tes menunjukkan sperma tidak terdeteksi oleh uap yodium..

Catatan diterbitkan dalam buku MI6: Sejarah Rahasia Intelijen dari 1909-1949 Profesor Keith Jeffery's. Buku itu diluncurkan Selasa, 21 September 2010 dan akan diterbitkan serial dalam publikasi Inggris, The Times
Posting Komentar