Hutan Lindung Wehea objek wisata Kutai Timur

Mungkin tidak semua orang mengetahui tentang keberadaan hutan lindung Wehea.hutan yang berlokasi di desa Nehes Leng Bing mempunyai luas sekitar 38ribu km. awalnya merupakan HPH PT Gruti III tetapi sudah habis masa izinnya.Hutan wehea menjadi sorotan publik , sehingga banyak orang asing ingin mengetahui lebih banyak mengenai hutan lindung wehea.


Hutan wehea mendapatkan juara ketiga sedunia dalam hal pengelolaan hutan konservasi sehingga Kutim lebih cepat dikenal di mancanegara.Kawasan hutan lindung Wehea dikelola oleh Badan Lingkungan Hidup dan badan pengelola dan bekerjasama dengan The Nature Concervacy (TNC) yaitu sebuah lembaga pelestarian lingkungan. Selain itu Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kutim membuat website mengenai hutan wehea, sehingga inforamasi bisa langsung diakses dengan internet.

Beragam jenis kayu langka masih tumbuh didalamnya, kapur, meranti, ulin, banggeris, gaharu dan jenis kayu lainnya.Warga negara asing yang pernah berkunjung ke hutan lindung wehea memberikan apresiasi yang tinggi karena pengelolaan dan penjagaan kawasan hutan lindung dari masyarakat dayak Wehea yang telah lama mendiami wilayah tersebut, sehingga masih asri dan lestari.
Posting Komentar