Digester Biogas dalam mencari energi baru

Pembakaran energi biomassa sudah dipakai manusia sejak jaman purba. Sebagai contoh pembakaran sederhana, biomassa dibakar dan menghasilkan panas yang akan dugunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Teknik pengolahan biomassa menjadi energi pada jaman sekarang lebih maju seiring dengan penggunaan tekhnologi yang lebih maju. Salah satunya adalah digester biogas.


Pengertian digester bioagas adalah suatu alat pengolah bahan buangan/ limbah organik menjadi biogas. Kegunaan digester biogas antara lain sebagai energi untuk memasak, mengurangi masalah sanitasi lingkungan dan lain-lain.

Digester biogas terbagi dalam dalam 6 jenis yang pernah dikembangkan yaitu

1. kubah tetap ( fixed-dome)

2. terapung ( floating-dome)

3. balon

4. horizontal

5. lubang tanah

6. ferrocement

Pada jaman sekarang ini banyak masyarakat telah mempraktekkan penggunaan jenis digester fixed-dome dan floating-dome. Di sewon, bantul, yogyakarta mahasiswa kkn dari salah satu perguruan tinggi disana berhasil membuat satu unit fixed dome dengan memfaatkan kotoran sapi yang kebih banyak ketimbang kandang sapi. selain meningkatkan kesehatan atas pemanfaatan kotoran sapi sekaligus membantu masyarakat dalam menggunakan energi lain untuk keperluan memasak.
Posting Komentar