Setelah Hujan-Badai, Balikpapan Masih Dibayangi Hujan

BALIKPAPAN - Hujan lebat dan disertai angin yang terjadi di wilayah Balikpapan, Sabtu malam (5/7) pukul 24.15 wita, disebabkan menumpuknya awan cummulunimbus (Cb) disertai angin gusty di Selat Makassar. "Kondisi awan Cb yang mature atau matang inilah sehingga menimbulkan hujan lebat dan badai. Apalagi saat itu awan Cb-nya tepat berada di atas Kota Balikpapan," kata Haris, Prakirawan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Bandara Sepinggan saat ditemui Tribun, Sabtu (5/7).


Haris mengatakan, hujan yang melanda Balikpapan terjadi mulai pukul 24.15 wita. Hujan ini hanya hujan ringan dan berlangsung sebentar. Namun hujan lebat dan disertai angin gusty baru terjadi antara pukul 05.30-06.00.

"Hujan lebat ini disertai angin gusty yang berkekuatan 37 knot. Tentunya kekuatan angin ini dapat menyebabkan beberapa pohon tumbang, dan atap rumah warga berada di pinggir pantai dan laut dapat terbang," ucapnya.

Haris mengimbau kepada masyarakat Balikpapan yang rumahnya berada di pinggir pantai atau laut untuk tetap selalu waspada, "Sebab angin gusty ini datang secara tiba-tiba dan berlangsung cepat, yah waktunya kurang dari 5 menit," ujarnya.

Hari menambahkan, diperkirakan hari ini, Minggu (6/7) hujan tetap masih melanda Balikpapan. "Namun diperkirakan hujan tidak terlalu lebat, dan hujan hanya sebentar, kemudian muncul panas dari terik matahari," tambahnya. (jnh)


Posting Komentar